Sebab-sebab Pertempuran
Pada bulan Ramadhan tahun ke-2 hijrah, sampai berita kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa kafilah dagang orang-orang kafir Quraisy bertolak dari negeri Syam yang dipimpin oleh Abu Sufyan bersama sekitar 40 orang laki-laki. Kafilah tersebut membawa harta benda hartawan Quraisy yang cukup besar. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak kaum muslimin untuk berangkat mencegat kafilah tersebut.
Pada bulan Ramadhan tahun ke-2 hijrah, sampai berita kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa kafilah dagang orang-orang kafir Quraisy bertolak dari negeri Syam yang dipimpin oleh Abu Sufyan bersama sekitar 40 orang laki-laki. Kafilah tersebut membawa harta benda hartawan Quraisy yang cukup besar. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak kaum muslimin untuk berangkat mencegat kafilah tersebut.
Berangkatlah sekitar 300 orang lebih menyertai Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam. Pasukan ini terdiri dari dua ekor kuda milik
Az-Zubair bin Al-‘Awwam dan Miqdad bin Al-Aswad Al-Kindi dan 70 ekor
unta yang dikendarai oleh dua atau tiga orang secara bergantian.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri mengendarai unta
bersama ‘Ali dan Martsad bin Abil Martsad Al-Ghanawi.
Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu meriwayatkan:
Kami pada peristiwa Badr, setiap tiga orang bergantian mengendarai seekor unta. Abu Lubabah dan ‘Ali bin Abi Thalib bergantian dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pada keadaan mereka ini, keduanya berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kami berjalan kaki saja (Engkau saja yang mengendarainya).” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:
Kami pada peristiwa Badr, setiap tiga orang bergantian mengendarai seekor unta. Abu Lubabah dan ‘Ali bin Abi Thalib bergantian dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pada keadaan mereka ini, keduanya berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kami berjalan kaki saja (Engkau saja yang mengendarainya).” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:
ماَ أَنْتُماَ بِأَقْوَى مِنِّي وَلاَ أَناَ بِأَغْنَى عَنِ اْلأَجْرِ مِنْكُماَ
“Kalian berdua tidaklah lebih kuat daripada saya. Dan saya juga
tidaklah merasa lebih cukup pahala dari kalian berdua.” (HR. Ahmad,
dishahihkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi)
Abu Bakr, ‘Umar dan ‘Abdurrahman bin ‘Auf bergantian pula.
Sementara di Madinah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat Ibnu Ummi Maktum radhiallahu ‘anhu untuk menjadi imam shalat menggantikan beliau. Sesampainya di Rauha’ (sekitar 40 mil dari Madinah) beliau mengangkat Lubabah bin ‘Abdilmundzir memimpin kota Madinah. Bendera beliau serahkan kepada Mush’ab bin ‘Umair, yang lain kepada ‘Ali dan Sa’d bin Mu’adz radhiallahu ‘anhum.
Sementara di Madinah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat Ibnu Ummi Maktum radhiallahu ‘anhu untuk menjadi imam shalat menggantikan beliau. Sesampainya di Rauha’ (sekitar 40 mil dari Madinah) beliau mengangkat Lubabah bin ‘Abdilmundzir memimpin kota Madinah. Bendera beliau serahkan kepada Mush’ab bin ‘Umair, yang lain kepada ‘Ali dan Sa’d bin Mu’adz radhiallahu ‘anhum.
Ketika Abu Sufyan dan kafilah dagang Quraisy mendekati daerah Hijaz
(sekarang Madinah dan Makkah serta sekitarnya), dia mengirim mata-mata
untuk mencari berita. Akhirnya mereka mendapat kabar bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerahkan kaum muslimin untuk menghadang
kafilah dagang Quraisy yang baru pulang dari Syam. Mendengar hal ini,
Abu Sufyan segera mengutus Dhamdham bin ‘Amr Al-Ghifari ke Makkah agar
memberitahukan orang-orang supaya bersiap-siap membela kafilah dagang
mereka.
Ibnu Ishaq menceritakan bahwa ‘Atikah binti ‘Abdil Muththalib tiga
hari sebelum Dhamdham tiba di Makkah, bermimpi sangat mengerikan
seolah-olah dia melihat kebinasaan bangsa Quraisy. Berita mimpi itu
terdengar oleh masyarakat Quraisy. Mereka semakin memojokkan Bani ‘Abdil
Muththalib bahkan para wanitanya demikian juga. Kata mereka, “Wahai
Bani ‘Abdil Muththalib, apa masih kurang ada laki-laki yang mengaku Nabi
di kalangan kalian, sekarang yang perempuan juga mengaku Nabi?”
‘Abbas bertanya, “Apa persoalannya?”
Abu Jahal ketika itu mengatakan, “Mimpi yang dilihat Atikah. Kalau
mimpi itu dusta, kami akan buat satu ketetapan bahwa kalian Bani ‘Abdil
Muththalib adalah keluarga yang paling hebat kedustaannya.”
Ternyata, tiga hari kemudian datanglah Dhamdham. Dia berteriak di
atas untanya yang telah dilukai sebagian tubuhnya, merobek bajunya:
“Wahai bangsa Quraisy, celaka. Harta benda kalian yang ada bersama Abu
Sufyan dihadang oleh Muhammad dan shahabat-shahabatnya. Selamatkanlah!”
Mereka dengan segera bersiap. Yang tidak ikut mewakilkan kepada orang
lain. Dan masyarakat Quraisy menganggap aib jika ada pembesar atau
pemuka mereka yang tertinggal. Akhirnya tidak ada yang tertinggal di
kalangan mereka kecuali Abu Lahab karena dia mewakilkan kepada Al-’Ash
bin Hasyim bin Al-Mughirah.
Mulanya Umayyah bin Khalaf ingin tinggal bersama beberapa orang,
tetapi datanglah ‘Uqbah bin Abi Mu’ith membawa pedupaan, dan berkata.
“Wahai Abu ‘Ali (kunyah Umayyah) silakan gunakan pedupaan ini, karena
kamu itu perempuan.”
‘Umayyah dengan berang membentak, “Semoga Allah memburukkan mukamu
dan memburukkan apa yang kau bawa.” Akhirnya diapun berangkat.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersiapkan pasukan
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai bergerak dan setibanya di satu tempat, beliau mengirim Bisbas bin ‘Amr dan Abu Zaghba mencari berita tentang Abu Sufyan dan kafilah Quraisy. Mereka tiba di Badr dan mendengar berita bahwa esok hari kafilah akan tiba di Badr. Kemudian mereka sampaikan berita itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai bergerak dan setibanya di satu tempat, beliau mengirim Bisbas bin ‘Amr dan Abu Zaghba mencari berita tentang Abu Sufyan dan kafilah Quraisy. Mereka tiba di Badr dan mendengar berita bahwa esok hari kafilah akan tiba di Badr. Kemudian mereka sampaikan berita itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Abu Sufyan tiba di daerah tersebut. Ketika dilaporkan ada dua orang
yang tiba di sana, Abu Sufyan minta diambilkan sebagian kotoran hewan
mereka. Ketika dilihatnya ada biji-biji kurma, dia segera tahu bahwa
mereka dari Madinah dan tentunya sedang mencari berita tentang
keadaannya. Serta merta dia bangkit dan membelokkan arah kendaraannya
menjauh dari daerah Badr.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tiba di Badr. Beliau
mendengar berita bahwa orang-orang Quraisy telah menyiapkan pasukan
menghadapi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kaum muslimin
demi membela harta benda mereka. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam mengajak para sahabatnya bermusyawarah.
Abu Bakr dan ‘Umar mulai mengeluarkan pendapat mereka dengan baik.
Kemudian Miqdad mulai berbicara, “Wahai Rasulullah, agaknya kami yang
engkau maksudkan. Berangkatlah menurut apa yang diperlihatkan Allah
kepadamu. Maka kami akan bersamamu. Kami tidak akan berkata seperti
orang-orang Bani Israil berkata kepada Musa ‘alaihissalam: ‘Pergilah
engkau bersama Rabbmu, biar kami duduk menunggu di sini.’ Tapi
berangkatlah engkau dan Rabbmu berperang, dan kami bersama engkau
berperang di sebelah kanan dan kirimu, di belakang dan di depanmu. Demi
Dzat Yang mengutusmu membawa al-haq, seandainya engkau membawa kami
sampai ke Barkil Ghamad, niscaya kami tetap bersamamu.”
Beliau hanya mengatakan (sesuatu yang) baik dan berdoa untuknya.
Kemudian beliau masih meminta buah pikiran para shahabatnya, “Wahai
manusia, keluarkanlah pendapat kalian.” Dan yang beliau maksud adalah
orang-orang Anshar, karena mereka telah berjanji dan bersumpah setia
kepada beliau di ‘Aqabah. Dan beliau khawatir mereka hanya akan
membelanya di tempat tinggal mereka (Madinah), sebagaimana janji dan
sumpah mereka.
Melihat hal ini, Sa’d bin Mu’adz menegaskan, “Demi Allah, seakan-akan engkau maksudkan kami, wahai Rasulullah?”
“Betul,” kata beliau.
“Kami telah beriman dan membenarkan engkau, dan telah kami saksikan
bahwa apa yang engkau bawa adalah haq. Dan untuk itu kami telah serahkan
janji dan sumpah setia kami kepadamu agar tetap mendengar dan
mentaatimu. Maka berangkatlah, ya Rasulullah kepada apa yang engkau mau,
niscaya kami tetap bersamamu. Demi Dzat Yang mengutusmu membawa al-haq.
Andaikata engaku membawa kami menyelami lautan, niscaya kami akan
menyelam bersamamu dan tidak akan ada seorangpun tertinggal di antara
kami. Kami tidak benci bertemu musuh esok hari. Kami adalah orang-orang
yang jujur dan tabah dalam peperangan. Semoga Allah memperlihatkan
kepadamu apa yang menyenangkan hatimu dari kami. Berangkatlah dengan
berkah Allah, ya Rasulullah.”
Mendengar ucapan Sa’d ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
sangat gembira dan bersemangat. Beliau berkata, “Gembiralah kalian.
Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadaku salah satu dari dua
kelompok itu (pasukan Quraisy atau kafilah dagang). Demi Allah,
seolah-olah saya melihat tempat kematian mereka.” Demikian diriwayatkan
oleh Ibnu Ishaq dan riwayat ini mempunyai beberapa syawahid (penguat) di
antaranya diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari.
Akhirnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama para sahabat meneruskan perjalanan sampai di Badr.
Setiba di Badr, pasukan muslimin menangkap pencari air bagi
orang-orang Quraisy dan memaksanya memberitahukan di mana Abu Sufyan dan
rombongan. Sementara Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang
shalat. Kalau dia ditanya di mana Abu Sufyan, dia menjawab tidak tahu
tapi ini ada Abu Jahl bersama pasukan Quraisy. Ketika menerangkan hal
itu dia dipukuli. Tatkala dipukuli dia justru mengatakan, ya aku dari
Abu Sufyan.
Setelah selesai, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekati
dan berkata kepada para shahabatnya, “Kalau dia jujur dalam
pengakuannya, maka kalian pukuli. Dan kalau dia berdusta, kalian
lepaskan dia.”
Kemudian beliau menyebutkan satu persatu tempat terbunuhnya si Fulan,
si Fulan, dan beberapa tokoh Quraisy lainnya (dan semua terbukti).
Seperti ini juga diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim dari jalan Abu Bakr
dari ‘Affan.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa budak tadi
memang dari rombongan Quraisy. Kemudian beliau bertanya tentang jumlah
pasukan. Budak tadi mengatakan tidak tahu pasti. Lalu beliau bertanya
berapa ekor unta yang mereka sembelih setiap hari. Budak itu menjawab
sembilan sampai sepuluh ekor. Berdasarkan keterangan ini Rasulullah
memperkirakan bahwa jumlah pasukan Quraisy antara 900 sampai 1000 orang.
Setelah itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menanyakan pula
siapa saja tokoh Quraisy yang ikut dalam pasukan tersebut. Budak tadi
menyebutkan beberapa nama, di antaranya Abul Bakhtari bin Hisyam, Hakim
bin Hizam, Umayyah bin Khalaf, ‘Utbah bin Rabi’ah dan Syaibah bin
Rabi’ah, Abu Jahl dan lain-lain. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam segera mengatakan, “Gembiralah kalian. Inilah Makkah telah
menyodorkan jantung hatinya kepada kalian.”
Kafilah Abu Sufyan selamat
Setelah melihat rombongan kafilah yang dipimpinnya selamat dari kejaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya, Abu Sufyan mengutus orang untuk menyampaikan kepada pasukan Quraisy yang dipimpin Abu Jahl agar kembali saja ke Makkah. Tetapi Abu Jahl dengan sombong menolak dan berkata, “Demi Allah, kita tidak akan kembali sampai tiba di Badr. Kita akan tinggal di sana tiga hari, menyembelih ternak yang kita bawa, makan dan minum khamr serta dihibur oleh para biduan kita. Agar orang-orang ‘Arab tahu keadaan kita dan tetap gentar kepada kita.”
Setelah melihat rombongan kafilah yang dipimpinnya selamat dari kejaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya, Abu Sufyan mengutus orang untuk menyampaikan kepada pasukan Quraisy yang dipimpin Abu Jahl agar kembali saja ke Makkah. Tetapi Abu Jahl dengan sombong menolak dan berkata, “Demi Allah, kita tidak akan kembali sampai tiba di Badr. Kita akan tinggal di sana tiga hari, menyembelih ternak yang kita bawa, makan dan minum khamr serta dihibur oleh para biduan kita. Agar orang-orang ‘Arab tahu keadaan kita dan tetap gentar kepada kita.”
Ternyata tidak semua rombongan setuju. Di antara Bani Zuhrah ada yang
menukas, “Hai Bani Zuhrah. Harta kalian sudah diselamatkan Allah. Tidak
ada lagi kepentingan kalian di sini, maka pulanglah.” Akhirnya, tidak
ada seorangpun dari Bani Zuhrah yang ikut dalam pasukan tersebut.
Dan sebetulnya, tidak pula semua kabilah Quraisy yang ikut serta
dalam rombongan itu. Bani ‘Adi (kabilahnya ‘Umar) sama sekali tidak ada
seorang pun yang ikut serta dalam pasukan yang dipimpin Abu Jahl itu.
Ibnu Ishaq menceritakan bahwa kemudian pasukan yang dipimpin Abu Jahl
melanjutkan perjalanannya hingga di pinggir lembah yang jauh di
belakang ‘Aqanqal. Sedangkan perut lembah dengan sumur Badr berada di
pinggir terdekat dengan Madinah.
Kata Ibnu Katsir rahimahullah, sehubungan hal ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِذْ أَنْتُمْ بِالْعُدْوَةِ الدُّنْياَ وَهُمْ بِالْعُدْوَةِ الْقُصْوَى وَالرَّكْبُ أَسْفَلَ مِنْكُمْ
“(Yaitu di hari) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan
mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada di
bawah kamu…”
Yakni, di sebelah pantai. Kemudian:
وَلَوْ تَوَاعَدْتُمْ لاخْتَلَفْتُمْ فِي الْمِيْعاَدِ وَلَكْنْ
لِيَقْضِيَ اللهُ أَمْرًا كاَنَ مَفْعُوْلاً لِيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْ
بَيِّنَةٍ وَيَحْياَ مَنْ حَيَّ عَنْ بَيِّنَةٍ وَإِنَّ اللهَ لَسَمِيْعٌ
عَلِيْمٌ
“Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari
pertempuran), pastilah kamu tidak sependapat dalam menentukan hari
pertempuran itu, akan tetapi (Allah mempertemukan dua pasukan itu) agar
Dia melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan, yaitu agar orang
yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang
yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata (pula).
Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Anfal: 42)
Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan hujan membasahi bumi di
bawah tapak kaki Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para
sahabat, sehingga tanah mengeras dan memantapkan mereka untuk bergerak.
Sementara orang-orang Quraisy yang ditimpa hujan justeru menghambat
gerak mereka.
Tentang hal ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِذْ يُغَشِّيْكُمُ النُّعاَسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ
مِنَ السَّمآءِ مآءً لِيُطُهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ
الشَّيْطاَنِ وَلِيَرْبِطَ عَلَى قُلُوْبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ
اْلأَقْداَمِ
“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu
penentraman daripada-Nya. Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari
langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari
kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan
memperteguh dengannya telapak kaki (mu).” (Al-Anfaal: 11)
Dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala tegaskan bahwa Dia
mensucikan mereka lahir batin, memantapkan kedudukan mereka,
membangkitkan keberanian dalam hati mereka dan melenyapkan was-was dan
rasa takut yang dihembuskan oleh syaithan.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai bergerak mendahului
orang-orang Quraisy dan tiba di daerah yang terdekat dengan air di Badr.
Merekapun beranjak ke tempat yang ditentukan. Ibnu Ishaq menceritakan
pula bahwa Sa’d bin Mu’adz mengusulkan, “Ya Rasulullah, bagaimana kalau
kami buatkan tenda untukmu dan kami siapkan kendaraan. Kalau Allah
muliakan kita dan memenangkan kita atas mereka, maka itulah yang kita
harapkan. Dan kalau tidak, biar Rasulullah menyusul orang-orang yang
tertinggal. Tidaklah kami merasa lebih hebat mencintaimu dibandingkan
mereka. Dan mereka tertinggal karena mereka menyangka bahwa engkau akan
menghadang kafilah dagang, bukan untuk bertempur. Seandainya mereka tahu
engkau akan bertempur, niscaya mereka tidak akan tertinggal.”
0 komentar:
Posting Komentar